ENAMPAGI.ID - Dalam era digital masa kini, membangun merek (brand) yang kuat di dunia belanja online (e-commerce) adalah hal yang sangat penting.
Bagi para pelaku usaha yang berkecimpung di dunia e-commerce pasti ingin pelanggannya dengan mudah mengingat brand yang selama ini telah dibangun.
Terlebih, kini persaingan dunia online yang semakin kompetitif sehingga memacu para pebisnis untuk menciptakan identitas brand yang menonjol.
Dilansir dari Forbes, hal yang sangat penting untuk diketahui para pebisnis toko belanja online adalah tentang manajemen brand.
Mantan Agensi Forbes, Drew Urquhart berbagi pandangannya tentang tantangan dan peluang bagi pebisnis yang ingin merek dagangannya dikenal luas di dunia e-commerce.
"Manajemen brand dalam e-commerce lebih penting daripada hanya ingin mendapatkan kembali pelanggan," kata Drew dalam artikel Forbes yang tayang pada tahun 2023 lalu.
Lantas, bagaimana cara mengatur manajemen brand agar dapat meningkatkan penjualan di e-commerce? Begini kata sang mantan Agensi Forbes.
Apa Itu Manajemen Brand?
Manajemen brand ternyata lebih dari sekadar warna logo atau tampilan produk di situs e-commerce. Drew menjelaskan tiga komponen utama dalam menentukan manajemen brand.
- Kesadaran
Hal ini tentang audiens yang akan mengenal produk, dan mencari tahu kelompok yang ideal sebagai target pelanggan toko belanja online.
- Nilai
Suatu merek harus memiliki nilai yang memungkinkan para pengecer dapat memberikan harga lebih untuk produk tersebut.
- Perasaan
Hal yang acapkali seringkali terlupa bagi para pebisnis yang fokus meningkatkan trafik penjualan adalah perasaan.
"Cobalah lebih sering untuk memposisikan diri sebagai pelanggan saat melihat brand toko Anda," tegas Drew.
Baca Juga: Lupakan FOMO, Begini Cara Ambil Momen Terbaik di Dunia Nyata Tanpa Internet!