lifestyle

Sulit Membagi Waktu? Berikut Tips Manajemen Waktu untuk Lebih Produktif

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi manajemen waktu (Pixabay )

ENAMPAGI - Kamu punya 168 jam dalam seminggu. Tapi buat kamu, itu pasti masih kurang. Kamu masih harus lembur, besoknya masih harus ke kampus atau ke kantor. Yang kamu butuhkan adalah manajemen waktu.

Dan bagaimana kita bisa bertahan kalau dikasih tanggung jawab lebih? Kemungkinan terbesar yang masih bisa ditingkatkan dalam masalah seperti itu yaitu manajemen waktu. 
 
Lalu, bagaimana cara orang-orang di dunia melakukan manajemen waktu secara efektif? 
 
Dikutip dari buku Deep Work karya Cal Newport , 168 hours karya Laura Vanderkam dan The Organized Mind karya Daniel J. Lavitin, ada 4 langkah dalam manajemen waktu, yaitu:
 
Baca Juga: Kasih Kejutan Mall Kepada Nagita Slavina di Anniversarry ke-7, Raffi Ahmad: Ini Cita-citanya dari Dulu
 
1. Time Log
 
Melakukan pencatatan kegiatan harian kita, tujuannya kita akan mengetahui estimasi waktu yang dilakukan setiap harinya dan membuat kita tahu manajemen waktu kita sudah dibatas mana.
 
2. Plan The Whole Week
 
Setelah melakukan pencatatan, kamu harus membuat jadwal kegiatan dalam seminggu untuk efisiensi. Penjadwalan akan membuat urutan kegiatan lebih teratur. 
 
Baca Juga: Bantu Renovasi Gereja di Malang, Krisdayanti Malah Dihujat
 
3. Morning Ritual
 
Kamu melakukan hal-hal khusus di pagi hari. Aktifitasnya apa? Pikirkan hal-hal penting tapi bukan urgent.
 
Kegiatan yang dilakukan untuk waktu yang lama dan hasilnya akan menjadi benefit bagi kita, contohnya olah raga, meditasi dan sebagainya.
 
4. Have So Fun
 
Baca Juga: Bantu Renovasi Gereja di Malang, Krisdayanti Malah Dihujat
 
Setelah kamu melakukan pencatatan waktu, penjadwalan dan melakukan hal penting di pagi hari untuk hasil yang baik dalam waktu yang lama, kini saatnya membuat waktu untuk melakukan kesenangan.
 
Membagi waktu untuk kesenangan memang akan membuat kita konsisten. 
 
Dengan melakukan 4 langkah diatas, kamu akan jauh lebih efisien dari sebelumnya. Akan jadi bisa menyelesaikan lebih banyak hal dan mengurangi rasa kecemasan.*** 

Tags

Terkini